Monday, May 6, 2013

Jika aku salah maka tak ada yang benar...

Mari sebelumnya kita membuat suatu kesepakatan;
Jika aku salah, maka semua tak ada yg benar; kecuali kau mampu berdiri didepan ku dan katakan. 
Persepsi. 
Dan jangan dulu kau potong, sampai kamu mampu rasakan sebuah ekspetasi ku, yang selalu kamu katakan salah. 

Ini tentang isis dan osiris. 
Legenda yang pernah aku buat salah; memaknainya. 
Aku pernah berkata; 
Jika isis mampu mengampuni semua kesalahan osiris, dalam keyakinan ku; mati osiris tetap berada didalam yakin isis. Jika Osiris harus hidup kembali kerana isis menghidupkannya, keyakinan ku; osiris tetap bersama isis bukan karena rasa terima kasih telah dihidupkan, tetapi karena osiris tau hidupnya untuk isis, bukan karena isis..... 

Isis pernah berjuang; selalu berjuang, mengumpulkan potongan-potongan tubuh osiris yang tercecer, mati osiris adalah mati isis, dan isis menghidupkan kembali osiris. Hidupnya. Dan kembali pada penerimaan dalam ketidaksempurnaan. 

Diantara hidup kedua, berlandas sebuah kalimat 'tak ada yang sempurna didunia ini' Horus pun datang. Anak; Asa dan Kenangan.

Bedanya; hidup kedua ini, tak ada berjalan bersama lagi,
Tak tahu dimana pergelangan tangan kanan, mungkin terbawa bersama tangan kiri, buntung. Aku. 
Dan belajar menuliskan cerita kidal, menggenggam pasir yang lama habis terhempas angin. 

Berlalu, tak pernah ada yang jadi soal., membina garis waktu baru, menanam benih untuk berlenggak lenggok menyelamatkan diri dari musuh paling sakti, Seth. 

Seth adalah analogi keadaan. Dimana ada realita, dendam, karma. dan disitu kita tahu banyak ruang yang tersekat belenggu. 
Osiris terbunuh lagi ditangan seth dan osiris pun 'mati' selamanya, terbang ke negeri para dewa. Naik kelas. 
Titik balik.
Isis mengikhlaskan dan tidak memperjuangkan lagi hidup osiris-dalam dunia isis. Disanalah hakikat cinta isis. 
Ketika isis tahu, osiris lebih baik didalam khayangan-tak lagi terbunuh seth, dunianya sendiri maka 'let him go...' 

Seperti yang pernah aku katakan; jika suatu hari aku benar-benar mencintaimu, aku akan mengikhlaskan mu -membiarkan mu pergi-
Entah didalam dunia ku, atau lebih bahagia dalam khayangan mu. 
Dan kini.... 

Bukan karena tidak ada sabar; entah dimana letak kesabaran.
Tapi CINTA sudah tiba. Maka aku mengikhlaskan....
Kamu. 

Isis bersama horus sekarang, mati perlahan. Tak kalah oleh seth, karena pada akhirnya kuil-kuil persembahan untuk isis tetap abadi, Nefertari cantik berdansa, Cleopatra berada digarda depan atas nama reinkasrnasi..... 
Tanpa alasan. Diantara aku yang hidup bersama horus. Berdua saja. 
Rasanya semua terasa lebih lapang.... 





---------
Jauh dari mesir, yogyakarta. 
5 mei 2013



2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. ketika memiliki dirimu menjadi pilihanku, aku harus terus berjuang untuk bisa benar" mencintaimu. yang artinya aku akan rela melepasmu (ini kemunafikan, tapi...).

    jika aku tak bisa relakanmu, aku akan sangat menyesal, karna aku akan membencimu.
    bukan karena apa, aku mencintaimu, karena itu aku membencimu

    ReplyDelete